Selamat datang di Newinfoforex.blogspot.Com

Inflasi AS Dan Inflasi Canada

Jumat, 17 Juli 20150 komentar

Jum’at, 17 Juli 2015 :

Jam 19:30 WIB: data Consumer Price Index (CPI) AS bulan Juni 2015 (Berdampak tinggi pada USD) 

Data inflasi ini dirilis oleh biro statistik tenaga kerja AS, mengukur persentasi perubahan data CPI dibandingkan periode sebelumnya. Pada saat yang sama akan dirilis CPI inti (Core CPI) dan CPI total, masing-masing untuk month over month (m/m) dan year over year (y/y). CPI inti tidak termasuk harga makanan dan energi. Keduanya berdampak tinggi terutama data y/y. The Fed memperhatikan data CPI total dan CPI inti y/y sebagai acuan tingkat inflasi tahunan AS.

Bulan Mei lalu CPI total m/m kembali naik 0.4% , lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.5% tetapi merupakan kenaikan tertinggi dalam 2 tahun terakhir, sementara untuk basis tahunan (y/y) CPI total stagnan atau 0.0%, sesuai dengan perkiraan dan lebih baik dari bulan April yang turun 0.2% (atau -0.2%). Sementara itu CPI inti y/y bulan Mei kembali naik 1.7%, lebih rendah dari bulan April yang naik 1.8% dan yang terendah dalam 3 bulan terakhir, sedang untuk m/m naik 0.1%, terendah dalam 5 bulan terakhir. Naiknya inflasi tahunan bulan Mei tersebut disebabkan oleh indeks harga makanan yang naik 1.6% dan barang-barang lainnya diluar makanan yang naik 1.7%.

Untuk bulan Juni 2015 diperkirakan inflasi tahunan (CPI total y/y) akan kembali naik 0.1% dan m/m akan naik 0.3% sedang untuk CPI inti y/y akan kembali naik 1.8% sementara m/m akan naik 0.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat. 

Jam 19:30 WIB: data Building Permits dan Housing Starts AS bulan Juni 2015 (Berdampak tinggi pada USD)

Jumlah ijin pembangunan rumah (Building Permits) adalah indikator awal bagi aktivitas pekerjaan konstruksi dan Housing Start adalah indikator awal bagi pasar perumahan baru di AS. Kontraktor perumahan harus memperoleh ijin terlebih dahulu sebelum mulai membangun. Meningkatnya Building Permits menunjukkan naiknya investasi dan optimisme pelaku bisnis perumahan. Indikator ini sering digunakan untuk memprediksi penjualan perumahan (New Home Sales) yang akan mempengaruhi tingkat inflasi.

Bulan Mei lalu jumlah ijin pembangunan rumah di AS mencapai 1.25 juta, lebih tinggi dari perkiraan 1.11 juta dan yang tertinggi dalam hampir 8 tahun terakhir akibat naiknya permintaan perumahan baru, sementara Housing Starts mencapai 1.04 juta unit, lebih rendah dari perkiraan 1.10 juta dan bulan April yang 1.17 juta unit. Pembangunan perumahan berkurang 26.5% dibagian timur laut dan 12.5% di bagian barat. Untuk bulan Juli 2015 diperkirakan Building Permits akan terkoreksi ke angka 1.11 juta sementara Housing Starts akan naik ke 1.10 juta unit. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat. 

Jam 19:30 WIB: data CPI Canada bulan Juni 2015 (Berdampak tinggi pada CAD)

Indikator yang mengukur tingkat inflasi ini dirilis oleh Biro Statistik Canada. Pada waktu yang bersamaan akan dirilis CPI inti (Core CPI) dan CPI total. CPI inti disebut juga dengan Bank of Canada Core CPI dan tidak memperhitungkan harga makanan dan energi. Masing-masing dirilis untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya, dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan data bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Baik CPI inti maupun CPI total (m/m dan y/y) keduanya berdampak tinggi.


Bulan Mei lalu CPI total m/m naik 0.6%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.4% dan bulan April yang turun 0.1% (atau -0.1%), sementara untuk y/y (inflasi tahunan) naik 0.9%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.8% dan bulan April yang juga naik 0.8%. Naiknya inflasi bulan Mei tersebut terutama disebabkan oleh harga makanan yang naik 3.8%. Untuk CPI inti bulan Mei m/m yang tidak termasuk harga energi dan makanan naik 0.4%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan bulan April yang naik 0.1%, sementara untuk y/y naik 2.2%, lebih rendah dari bulan April yang naik 2.3%. 

Untuk bulan Juni 2015 diperkirakan CPI total m/m akan naik 0.2%, CPI total y/y akan kembali naik 1.0%, CPI inti m/m akan turun 0.1% (atau -0.1%) dan y/y akan naik 2.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat. 

Jam 21:00 WIB: indeks Preliminary University of Michigan (UoM) Consumer Sentiment AS bulan Juli 2015 (Berdampak tinggi pada USD)

Data yang dirilis oleh University of Michigan (UoM) 2 kali setiap bulan ini mengukur kepercayaan konsumen terhadap kondisi bisnis dan keuangan  di AS. Indeks kepercayaan konsumen UoM adalah salah satu yang selalu diperhatikan investor disamping indeks Conference Board (CB) Consumer Confidence. Indeks yang juga disebut  Thomson Reuters / University of Michigan's consumer sentiment ini dibuat berdasarkan survey dan dirilis dalam 2 versi dengan selang waktu 2 minggu, yaitu Preliminary atau data awal dan Revised atau data final. Indeks Preliminary dirilis lebih awal sehingga akan lebih berdampak. 



Indeks UoM Consumer Sentiment AS bulan Juni lalu berada pada angka 96.1 (data final yang dirilis pada 26 Juni lalu), lebih tinggi dari perkiraan 94.6 dan yang tertinggi dalam 5 bulan terakhir akibat naiknya indeks barometer keadaan ekonomi dari 106.8 pada bulan Mei ke 108.9 pada Juni, juga indeks ekspektasi konsumen naik dari 86.8 ke 87.8. Untuk bulan Juli 2015 diperkirakan indeks UoM akan sedikit terkoreksi ke angka 96.0. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 21:00 WIB: pidato anggota FOMC Stanley Fischer (Berdampak medium pada USD)

Stanley Fischer dijadwalkan berbicara  di Center for Capital Markets Competitiveness, di Washington DC.
Share this article :

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar :
* Jangan berkomentar berbau SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan)
* Berkomentar sesuai topik
* Komentar yang melanggar peraturan akan dihapus dan dianggap sebagai spam

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Seputar Cryptocurrency - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger